Text
HUBUNGAN KEPESERTAAN BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL KESEHATAN (BPJS-K) DENGAN KEPUASAN LAYANAN PERAWAT PADA PASIEN HIPERTENSI DI PUSKESMAS GARUDA BANDUNG 2016
Politeknik Kesehatan Kemenkes Bandung
Jurusan Keperawatan Bandung
Program Studi Keperawatan Bandung
Bandung, Juni 2016
Nurmala, P17320113025
HUBUNGAN KEPESERTAAN BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL KESEHATAN (BPJS-K) DENGAN KEPUASAN LAYANAN PERAWAT PADA PASIEN HIPERTENSI
DI PUSKESMAS GARUDA BANDUNG
ABSTRAK
xiii, 57 hal, 5 Bab, 7 tabel, 1 bagan, 8 lampiran
Isi (terdiri dari latar belakang masalah, tujuan, metode, pembahasan, simpulan dan rekomendasi)
Penelitian ini dilatar belakangi oleh penyakit hipertensi yang dikategorikan sebagai penyakit yang kronik dan harus mendapat perawatan yang cukup lama. Peran jaminan kesehatan sangat dibutuhkan dalam pengobatan dalam jangka waktu yang lama, pemerintah membentuk badan hukum untuk menyelenggarakan program jaminan kesehatan yaitu BPJS-K. Fasilitas kesehatan tingkat pertama yang ditunjuk oleh BPJS salah satunya adalah Puskesmas, hal tersebut membuat pasien hipertensi bisa memeriksakan kesehatannya ke Puskesmas. Perawat adalah salah satu petugas kesehatan yang selalu berinterkasi dengan pasien di Puskesmas, oleh karena itu perawat berperan penting menjaga mutu pelayanan di Puskesmas yang dapat dilihat dari kepuasan pasien. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan kepesertaan BPJS-K dengan kepuasaan layanan perawat pada pasien hipertensi di Puskesmas Garuda. Jenis penelitian ini adalah deskriftif analitik dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi penelitian ini adalah semua pasien hipertensi pengunjung Puskesmas Garuda Bandung dengan sampel sebanyak 53 orang dilakukan dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar kuisioner dan dianalisis menggunakan uji t-Independent dengan tingkat kemaknaan p-value > 0,05. Hasil penelitian menunjukkan untuk peserta BPJS-K lebih dari setengahnya (69,40%) menyatakan puas dengan pelayanan yang diberikan oleh perawat terutama pada pasien hipertensi. Hasil uji statistik t-Independent menyatakan ada hubungan antara kepesertaan BPJS-K dengan kepuasaan layanan perawat pada pasien hipertensi di Puskesmas Garuda (p-value=0,002). Disarankan untuk Puskesmas hendaknya memfasilitasi pembuatan BPJS-K untuk pasien yang belum memiliki BPJS-K, dn untuk perawat hendaknya tidak membedakan pelayanan baik untuk pasien yang memiliki BPJS-K maupun tidak.
Kata Kunci : BPJS Kesehatan, Layanan Perawat di Puskesmas, Kepuasan Pasien
Daftar Pustaka: 25 (2006-2015)
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain