PENGARUH BERMAIN PUZZLE TERHADAP PENURUNAN KECEMASAN PADA ANAK PRASEKOLAH SELAMA HOSPITALISASI DI RUANG ANAK RSUD CIBABAT KOTA CIMAHI
Penelitian ini dilatar belakangi oleh tingginya angka kesakitan anak yang menjalani hospitalisasi yang dapat menimbulkan kecemasan dan stress, pada umumnya kecemasan terjadi karena adanya perpisahan, perlukaan tubuh dan rasa nyeri, dan sering kali hospitalisasi dipersepsikan oleh anak sebagai hukuman, perasaan malu dan takut sehingga menimbulkan reaksi agresif, marah, berontak, tidak mau bekerjasama dengan perawat dan menolak makanan. Hal ini menunjukkan pentingnya dilakukan intervensi yang tepat untuk mengatasi kecemasan akibat hospitalisasi pada anak seperti dilakukan metode bermain. Bermain bagi anak dapat menghilangkan stress, bermain puzzle dapat digunakan sebagai media bermain pada anak yang menjalani hospitalisasi karena bermain puzzle dapat membangkitkan rasa percaya diri anak dan menambah rasa aman pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bermain puzzle terhadap penurunan kecemasan anak prasekolah selama hospitalisasi. Metode penelitian ini menggunakan quasy experiment dengan menggunakan desain penelitian pre-post test one group design. Jumlah sampel pada penelitian ini berjumlah 42 orang yang didapatkan melalui teknik purposive sampling. Uji statistik menggunakan uji Wilcoxon dengan tingkat kemaknaan 95% (α = 0,05) didapatkan nilai p value = 0,000 < α = 0,05 ( Ho ditolak). Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh bermain puzzle terhadap penurunan kecemasan pada anak prasekolah selama hospitalisasi di ruang anak RSUD Cibabat Kota Cimahi. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan dapat dijadikan sebagai acuan pada institusi pelayanan kesehatan untuk melakukan intervensi bermain pada anak yang mengalami hospitalisasi khususnya anak prasekolah dalam mengatasi kecemasan sebagai suatu respon hospitalisasi.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain