GAMBARAN STATUS MENTAL EMOSIONAL PADA ANAK PRASEKOLAH DI TK DHARMA BAKTI AL-AZHAR KOTA BANDUNG
Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan RI Bandung rnJurusan Keperawatan BandungrnBandung, Juli 2015rnChintya Novia Pertiwi Pertiwi. P 17320112013rn rnrnGAMBARAN STATUS MENTAL EMOSIONAL PADA ANAK rnPRASEKOLAH DI TK DHARMA BAKTI AL-AZHAR rnKOTA BANDUNG rnrnABSTRAK rnrnxiii, 54 hal, V bab, 1 bagan, 11 tabel, 8 lampiranrnrnPenelitian ini dilatarbelakangi oleh masa yang tepat untuk perkembangan kognitif,rnemosional, bahasa, sosial, moral dan spiritual yakni masa prasekolah. PenelitianrnMaramis (2013) menunjukkan hasil 74,2% responden mengalami gangguanrnemosional dan perilaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaranrnstatus mental emosional pada anak prasekolah di TK Dharma Bakti Al-Azhar.rnJenis penelitian ini metode deskriptif dengan jumlah populasi 75 orang dan teknikrnpurposive sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 43 responden. Teknikrnpengumpulan data dengan melakukan wawancara kepada ibu yang anaknyarnbersekolah di TK Dharma Bakti Al-Azhar dengan menggunakan KMME yangrnsudah terstandar oleh Kemenkes (2012). Proses analisa data menggunakan tabelrnfrekuensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian responden tidak adarnpenyimpangan mental emosional (58,1%), sebagian kecil perlu untuk konselingrndan anak perlu dirujuk ke rumah sakit (16,3%). Dengan adanya penelitian inirndiharapkan dapat memberikan informasi dan masukan bagi para orang tua agarrnsecara rutin memeriksakan mental emosional anak setiap 6 bulan sekali.rn rnKata kunci: anak prasekolah, mental emosionalrnDaftar pustaka: 37 buah (1998 - 2014)
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain