PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PENGETAHUAN DAN PERILAKU PERSONAL HYGIENE REMAJA DI SMPN 40 BANDUNG
Politeknik Kesehatan Kemenkes BandungrnJurusan Keperawatan BandungrnProgram Studi D III KeperawatanrnBandung, Juli 2015rnIlma Fauziah Silva, P17320112034rn rnPENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP rnPENGETAHUAN DAN PERILAKU PERSONAL HYGIENE REMAJA rnDI SMPN 40 BANDUNGrn rn rnABSTRAKrn rnxiii, 57 hal, 5 bab, 5 tabel, 15 lampiranrnrnPenelitian ini dilatarbelakangi karena menariknya dampak perubahan hormone yangrndialami remaja pada masa pubertas terhadap kebersihan dirinya untuk diteliti, perubahanrnhormon ini berperan dalam perubahan fisik remaja, seperti tumbuhnya rambut-rambutrnhalus di sekitar ketiak dan kemaluan, kulit dan rambut mulai berminyak, dan keringatrnbertambah banyak. Hal tersebut menyebabkan terjadinya beberapa masalah seperti baurnbadan dan jerawat. Akibatnya remaja harus dapat menjaga kebersihan dirinya. Penelitianrnini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan danrnperilaku personal hygiene remaja di SMPN 40 Bandung. Metode penelitian yang rndigunakan adalah quasy eksperiment dengan rancangan one group pre-test post-testrndesign. Sebanyak 53 responden diambil dengan dengan menggunakan teknik purposivernsampling dari remaja kelas VIII yang berusia 13-15 tahun, dilakukan dengan rnmemberikan pre test pengetahuan dan pemeriksaan personal hygiene lalu diberikanrnpenkes dan dievaluasi oleh post test. Analisis data menggunakan analisis univariat danrnbivariat. Hasil penelitian sebelum dilakukan pendidikan kesehatan menunjukan sebagianrnkecil yang mempunyai pengetahuan baik yaitu 39,6% dan sebagian besar pengetahuanrnremaja dalam kategori kurang (60,4%), setelah dilakukan pendidikan kesehatan hasil testrnmenunjukan pengetahuan baik menjadi 62,3% dan pengetahuan kurang menjadi 37,7%,rnsedangkan dalam perilaku personal hygiene sebelum dilakukan pendidikan kesehatanrnhasil test menunjukan yang baik hanya 3,8% dan buruk sebesar 96,2%. Setelah dilakukanrnpendidikan kesehatan hasil test perilaku personal hygiene yang baik menjadi 9,4%, dan rnyang buruk sebesar 90,6%. Hasil uji bivariat didapatkan tingkat kemaknaan untukrnpengetahuan sebesar 0,007 (P0,05). Dapat disimpulkan pendidikan kesehatan berpengaruh terhadap pengetahuanrntetapi tidak berpengaruh terhadap perilaku personal hygiene remaja di SMPN 40rnBandung. Saran bagi pelaksana UKS dan sekolah untuk meningkatkan praktik kebersihan rndiri siswanya dengan pemberian penyuluhan cara menjaga kebersihan diri danrnmemonitoring kebersihan diri siswanya secara berkala. rnrnKata Kunci: Pendidikan kesehatan, Pengetahuan, Perilaku, Personal Hygiene, Remaja.rnDaftar Pustaka: 35 (1979-2015)
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain