PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PENGETAHUAN DAN PERILAKU PERSONAL HYGIENE REMAJA DI SMPN 40 BANDUNG
Politeknik Kesehatan Kemenkes Bandung
Jurusan Keperawatan Bandung
Program Studi D III Keperawatan
Bandung, Juli 2015
Ilma Fauziah Silva, P17320112034
PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP
PENGETAHUAN DAN PERILAKU PERSONAL HYGIENE REMAJA
DI SMPN 40 BANDUNG
ABSTRAK
xiii, 57 hal, 5 bab, 5 tabel, 15 lampiran
Penelitian ini dilatarbelakangi karena menariknya dampak perubahan hormone yang
dialami remaja pada masa pubertas terhadap kebersihan dirinya untuk diteliti, perubahan
hormon ini berperan dalam perubahan fisik remaja, seperti tumbuhnya rambut-rambut
halus di sekitar ketiak dan kemaluan, kulit dan rambut mulai berminyak, dan keringat
bertambah banyak. Hal tersebut menyebabkan terjadinya beberapa masalah seperti bau
badan dan jerawat. Akibatnya remaja harus dapat menjaga kebersihan dirinya. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan dan
perilaku personal hygiene remaja di SMPN 40 Bandung. Metode penelitian yang
digunakan adalah quasy eksperiment dengan rancangan one group pre-test post-test
design. Sebanyak 53 responden diambil dengan dengan menggunakan teknik purposive
sampling dari remaja kelas VIII yang berusia 13-15 tahun, dilakukan dengan
memberikan pre test pengetahuan dan pemeriksaan personal hygiene lalu diberikan
penkes dan dievaluasi oleh post test. Analisis data menggunakan analisis univariat dan
bivariat. Hasil penelitian sebelum dilakukan pendidikan kesehatan menunjukan sebagian
kecil yang mempunyai pengetahuan baik yaitu 39,6% dan sebagian besar pengetahuan
remaja dalam kategori kurang (60,4%), setelah dilakukan pendidikan kesehatan hasil test
menunjukan pengetahuan baik menjadi 62,3% dan pengetahuan kurang menjadi 37,7%,
sedangkan dalam perilaku personal hygiene sebelum dilakukan pendidikan kesehatan
hasil test menunjukan yang baik hanya 3,8% dan buruk sebesar 96,2%. Setelah dilakukan
pendidikan kesehatan hasil test perilaku personal hygiene yang baik menjadi 9,4%, dan
yang buruk sebesar 90,6%. Hasil uji bivariat didapatkan tingkat kemaknaan untuk
pengetahuan sebesar 0,007 (P0,05). Dapat disimpulkan pendidikan kesehatan berpengaruh terhadap pengetahuan
tetapi tidak berpengaruh terhadap perilaku personal hygiene remaja di SMPN 40
Bandung. Saran bagi pelaksana UKS dan sekolah untuk meningkatkan praktik kebersihan
diri siswanya dengan pemberian penyuluhan cara menjaga kebersihan diri dan
memonitoring kebersihan diri siswanya secara berkala.
Kata Kunci: Pendidikan kesehatan, Pengetahuan, Perilaku, Personal Hygiene, Remaja.
Daftar Pustaka: 35 (1979-2015)
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain