GAMBARAN TINGKAT STRES DALAM MENGHADAPI UJI KOMPETENSI PADA MAHASISWA D3 JURUSAN KEPERAWATAN DI KOTA CIMAHI 2015
Politeknik Kesehatan Kemenkes Bandung
Jurusan Keperawatan Bandung
Program Studi Keperawatan Bandung
Bandung, Juli 2015
Firman Pratama, P17320112023
GAMBARAN TINGKAT STRES DALAM MENGHADAPI UJI KOMPETENSI
PADA MAHASISWA D3 JURUSAN KEPERAWATAN DI KOTA CIMAHI
2015
ABSTRAK
xii, 33 hal, 5 bab, 1 bagan, 3 tabel, 8 lampiran
Untuk memperoleh Surat Tanda Registrasi (STR) mahasiswa yang telah
menyelesaikan pendidikan tenaga keperawatan harus mengikuti uji kompetensi dan
dinyatakan lulus. Tanpa kepemilikan STR perawat tidak diperbolehkan memberikan
pelayanan kesehatan maupun membuka praktek. Hasil uji kompetensi keperawatan
tahun 2014, di Kota Cimahi sebesar 14% - 75%, dari hasil tersebut dimungkinkan
akan menimbulkan stres pada peserta uji kompetensi berikutnya. Stres akan
berpengaruh pada kemampuan persepsi dan berfikir, semakin stres maka kemampuan
berpikir akan semakin menyempit yang akan berdampak pada kesiapan uji kompetensi
dan akan berpengaruh pada hasil. Penelitian ini bertujuan mengetahui gambaran
tingkat stres (normal, ringan, dan sedang) dalam menghadapi uji kompetensi pada
mahasiswa D3 jurusan keperawatan di Kota Cimahi. Metode penelitian yang
digunakan adalah metode deskriptif, dan menggunakan teknik Simple Random
Sampling dengan derajat kepercayaan 95% jumlah sampel 132 orang. Instrumen
penelitian menggunakan Propertiies of The Depression Anxiety Stres Scale 42 (DASS
42). Hasil penelitian didapatkan sebanyak 75 mahasiswa (56,8%) tidak mengalami
stres atau normal, sebanyak 27 mahasiswa (20,5%) mengalami stres ringan, dan 30
mahasiswa (22,7%) mengalami stres sedang. kesimpulan bahwa sebagian besar
mahasiswa tidak mengalami stres dan masih ada yang mengalami stres ringan dan
sedang, sehingga perlu adanya penanganan untuk mengatasi permasalahan mahasiswa
yang mengalami stres dan mengantisipasi agar mahasiswa tidak mengalami stres.
Untuk peneliti selanjutnya dapat mengembangkan penelitian mengenai stres yaitu
menggali faktor-faktor yang mempengaruhi stres dan intervensi untuk mengatasi stres
dalam menghadapi uji kompetensi.
Daftar Pustaka : 21 (1995-2015)
Kata kunci : Stres, Uji Kompetensi.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain