GAMBARAN STATUS MENTAL EMOSIONAL PADA ANAK PRASEKOLAH DI TK DHARMA BAKTI AL-AZHAR KOTA BANDUNG
Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan RI Bandung
Jurusan Keperawatan Bandung
Bandung, Juli 2015
Chintya Novia Pertiwi Pertiwi. P 17320112013
GAMBARAN STATUS MENTAL EMOSIONAL PADA ANAK
PRASEKOLAH DI TK DHARMA BAKTI AL-AZHAR
KOTA BANDUNG
ABSTRAK
xiii, 54 hal, V bab, 1 bagan, 11 tabel, 8 lampiran
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masa yang tepat untuk perkembangan kognitif,
emosional, bahasa, sosial, moral dan spiritual yakni masa prasekolah. Penelitian
Maramis (2013) menunjukkan hasil 74,2% responden mengalami gangguan
emosional dan perilaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran
status mental emosional pada anak prasekolah di TK Dharma Bakti Al-Azhar.
Jenis penelitian ini metode deskriptif dengan jumlah populasi 75 orang dan teknik
purposive sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 43 responden. Teknik
pengumpulan data dengan melakukan wawancara kepada ibu yang anaknya
bersekolah di TK Dharma Bakti Al-Azhar dengan menggunakan KMME yang
sudah terstandar oleh Kemenkes (2012). Proses analisa data menggunakan tabel
frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian responden tidak ada
penyimpangan mental emosional (58,1%), sebagian kecil perlu untuk konseling
dan anak perlu dirujuk ke rumah sakit (16,3%). Dengan adanya penelitian ini
diharapkan dapat memberikan informasi dan masukan bagi para orang tua agar
secara rutin memeriksakan mental emosional anak setiap 6 bulan sekali.
Kata kunci: anak prasekolah, mental emosional
Daftar pustaka: 37 buah (1998 - 2014)
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain