Gambaran Pengetahuan Dan Sikap Siswa Kelas X Dan XI Tentang Mekanisme Koping Positif Dalam Menangani Kurangnya Motivasi Belajar Di SMA Pasundan 1 Cimahi
ABSTRAK
xiii, 66 hal, 5 Bab, 4 tabel, 13 lampiran
Isi (terdiri dari latar belakang masalah, tujuan, metode, populasi, pembahasan, rekomendasi)
Latar belakang : Belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh perubahan tingkah laku yang baru sebagai pengalaman itu sendiri. Motivasi atau semangat dalam belajar merupakan salah satu koping yang positif bagi remaja. Kunci keberhasilan seseorang dalam menjalani hidup adalah ketika seseorang mampu mempertahankan kondisi fisik, mental dan intelektual dalam suatu kondisi yang optimal melalui pengendalian diri, serta selalu menggunakan mekanisme koping yang positif.
Tujuan : penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengetahuan dan sikap siswa kelas X dan XI tentang mekanisme koping positif dalam menangani masalah kurangnya motivasi belajar di SMA Pasundan 1 Cimahi.
Metodologi penelitian : metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X dan XI berjumlah 224 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara proportionate stratified random sampling diperoleh 67 responden.
Hasil : siswa yang memiliki pengetahuan baik tentang mekanisme koping positif yaitu hanya sebagian kecil (3,0%) siswa, sedangkan hampir setengahnya (26,9%) siswa berpengetahuan cukup dan lebih dari setengahnya (70,1%) siswa berpengetahuan kurang. Sikap siswa tentang mekanisme koping positif yaitu hampir setengahnya (47,8%) memiliki sikap positif (favorable) sedangkan lebih dari setengahnya (52,2%) siswa memiliki sikap negatif (unfavorable).
Rekomendasi : untuk pihak sekolah agar Bimbingan konseling tidak hanya dilakukan kepada siswa kelas X saja tetapi dilakukan kepada seluruh siswa dan memotivasi siswa untuk mempelajari atau mencari tahu materi mengenai mekanisme koping dalam menangani kurangnya motivasi belajar.
Daftar Pustaka: 17 buku, 1 website (2003-2011)
Kata kunci : pengetahuan, sikap, mekanisme koping, motivasi belajar.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain