Perpustakaan Terpadu Polkesban di Kampus Keperawatan Otten

  • Beranda
  • Informasi
  • News
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesia Bahasa Jepang Melayu Persia Russian Thai Turkish Urdu

Search by:

All Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

HUBUNGAN KELOMPOK BERMAIN DENGAN PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK USIA PRA-SEKOLAH (4-6 TAHUN) DI RW 09 DESA BOJONGKUNCI

Neno Nurul Fathia - Personal Name; Haris Sofyana, SKep. Ners. M.Kep (Pembimbing) - Personal Name;

Politeknik Kesehatan Kemenkes Bandung
Jurusan Keperawatan Bandung
Program Studi Keperawatan Bandung
Bandung, Juli 2016
Neno Nurul Fathia. P17320113074

HUBUNGAN KELOMPOK BERMAIN DENGAN PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK USIA PRA-SEKOLAH (4-6 TAHUN)
DI RW 09 DESA BOJONGKUNCI

ABSTRAK
X, 67 hal, 5 Bab, 9 gambar, 15 tabel, 6 lampiran
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh 16% anak di Indonesia mengalami gangguan perkembangan. Apabila gangguan perkembangan tidak ditangani, maka gangguan ini dapat berlanjut hingga dewasa dan sifatnya dapat menetap. Diperkirakan akan menyebabkan penghasilan anak tersebut di usia dewasa berkurang sebanyak 20% sehingga akan berimplikasi pada perkembangan nasional suatu bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kelompok bermain dengan pencapaian perkembangan pada anak usia pra-sekolah. Metode penelitian yang dilakukan di Rw 09 Desa Bojongkunci yaitu penelitian kuantitatif yang menggunakan pendekatan cross sectional dengan mengambil subjek anak usia pra-sekolah yang mengikuti dan tidak mengikuti kelompok bermain dengan menggunakan penilaian KPSP. Teknik pengambilan sampel yang digunakan Total Sampling. Analisa statistik menggunakan analisa univariate (df) dan bivariate (X2). Hasil dari penelitian ini bahwa 22 anak yang tidak mengikuti kelompok bermain, sekitar 4,5% anak yang mengalami penyimpangan perkembangan, 63,6% anak mengalami perkembangan meragukan, sedangkan pada kelompok anak yang mengikuti kelompok bermain yang berjumlah 23 orang, sekitar 4,3% anak mengalami perkembangan meragukan. Hasil uji statistik di dapatkan p=0.000 terdapat hubungan yang signifikan antara mengikuti kelompok bermain dengan pecapaian perkembangan. Disarankan kepada puskesmas untuk melakukan sosialisasi mengenai pentingnya stimulasi yang teratur dan terarah untuk mengubah pemahaman orangtua mengenai pencapaian perkembangan anak.

Kata kunci: Kelompok Bermain, Perkembangan, Anak Pra-sekolah
Daftar Pustaka: 20 (1994-2015)


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
: ., 2016
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Admisntrasi
Toksikologi
Agama Islam,
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Cover
  • ABSTRAK
  • DAFTAR ISI
  • BAB 1
  • BAB 2
  • BAB 5
Komentar

You must be logged in to post a comment

Perpustakaan Terpadu Polkesban di Kampus Keperawatan Otten
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area
  • New Member
  • Member Card
  • Librarian Login

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer science, information & general works
  • Philosophy & psychology
  • Religion
  • Social sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied sciences
  • Arts & recreation
  • Literature
  • History & geography
Advanced Search