Perpustakaan Terpadu Polkesban di Kampus Keperawatan Otten

  • Beranda
  • Informasi
  • News
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesia Bahasa Jepang Melayu Persia Russian Thai Turkish Urdu

Search by:

All Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Gambaran Pengetahuan Dan Sikap Siswa Kelas X Dan XI Tentang Mekanisme Koping Positif Dalam Menangani Kurangnya Motivasi Belajar Di SMA Pasundan 1 Cimahi

Dian Nur Kharisma - Personal Name; Ruslaini (pembimbing) - Personal Name;

ABSTRAK

xiii, 66 hal, 5 Bab, 4 tabel, 13 lampiran
Isi (terdiri dari latar belakang masalah, tujuan, metode, populasi, pembahasan, rekomendasi)

Latar belakang : Belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh perubahan tingkah laku yang baru sebagai pengalaman itu sendiri. Motivasi atau semangat dalam belajar merupakan salah satu koping yang positif bagi remaja. Kunci keberhasilan seseorang dalam menjalani hidup adalah ketika seseorang mampu mempertahankan kondisi fisik, mental dan intelektual dalam suatu kondisi yang optimal melalui pengendalian diri, serta selalu menggunakan mekanisme koping yang positif.
Tujuan : penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengetahuan dan sikap siswa kelas X dan XI tentang mekanisme koping positif dalam menangani masalah kurangnya motivasi belajar di SMA Pasundan 1 Cimahi.
Metodologi penelitian : metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X dan XI berjumlah 224 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara proportionate stratified random sampling diperoleh 67 responden.
Hasil : siswa yang memiliki pengetahuan baik tentang mekanisme koping positif yaitu hanya sebagian kecil (3,0%) siswa, sedangkan hampir setengahnya (26,9%) siswa berpengetahuan cukup dan lebih dari setengahnya (70,1%) siswa berpengetahuan kurang. Sikap siswa tentang mekanisme koping positif yaitu hampir setengahnya (47,8%) memiliki sikap positif (favorable) sedangkan lebih dari setengahnya (52,2%) siswa memiliki sikap negatif (unfavorable).
Rekomendasi : untuk pihak sekolah agar Bimbingan konseling tidak hanya dilakukan kepada siswa kelas X saja tetapi dilakukan kepada seluruh siswa dan memotivasi siswa untuk mempelajari atau mencari tahu materi mengenai mekanisme koping dalam menangani kurangnya motivasi belajar.

Daftar Pustaka: 17 buku, 1 website (2003-2011)
Kata kunci : pengetahuan, sikap, mekanisme koping, motivasi belajar.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
Bandung : ., 2013
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
demand layanan kesehatan
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Full text.pdf
Komentar

You must be logged in to post a comment

Perpustakaan Terpadu Polkesban di Kampus Keperawatan Otten
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area
  • New Member
  • Member Card
  • Librarian Login

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer science, information & general works
  • Philosophy & psychology
  • Religion
  • Social sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied sciences
  • Arts & recreation
  • Literature
  • History & geography
Advanced Search